Pada tanggal 24-25 November 2020, Peneleh mendapat kehormatan untuk ikut serta dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Sejarah Perjalanan Kehidupan Ir. Soekarno dari Masa Kecil hingga Remaja di Jawa Timur”.

Acara diikuti oleh sejarawan, akademisi, ahli teknologi informasi, serta undangan lainnya. Acara dibuka oleh Kabid Cagar Budaya dan Sejarah, Bapak Dwi Supranto, SS., MM. Forum ini adalah upaya untuk mengangkat sejarah dan ketokohan Bapak Soekarno yang jasanya sudah dikenal dalam bentuk media publikasi yang lebih menjangkau (VR, AR, Animasi).

FGD di Hotel Ollino Malang

Peneleh dalam kegiatan ini diwakili oleh Dr. Ari Kamayanti dan Dr. Novrida Qudsi Lutfillah. Dengan mengikuti kegiatan ini, Peneleh semakin dipercaya publik untuk berkontribusi pada preservasi sejarah tokoh pahlawan Indonesia.

Total peserta kegiatan ini adalah 50 orang yang diseleksi berdasarkan kepakaran masing-masing yang dibutuhkan. Kegiatan dilakukan secara daring maupun luring. Narasumber Dr. Abdul Wahid dari UGM dan M. Yuanda PhD dari UNY memberikan pemantik FGD melalui zoom. Acara dilanjutkan dengan FGD yang dibagi menjadi dua kelompok: pembahasan data biografi Soekarno dan desain augmented reality.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *